MAKALAH MEMAHAMI EVOLUSI ACTIVY-BASED INFORMATION SYSTEM (PBS STAIMAFA PATI)

MAKALAH
MEMAHAMI EVOLUSI ACTIVY-BASED INFORMATION SYSTEM
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen
Dosen pengampu: Warno, SE, MSI
Image result for STAIMAFA

DISUSUN OLEH:
Amirotun Nikmah
Anik Amirotun
Ariyatul Muarifah
Ahmad Fauzi
Siti Munawaroh

PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH VB
TAHUN AKADEMIK 2013/2014
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MATHALI’UL FALAH
MARGOYOSO PATI
 BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar sub-sistemnya, sistem informasi manajemen akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.
Sistem Informasi Manajemen berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah computer-based atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. Namun dalam kesempatan kali ini kami tidak akan membahas sistem informasi manajemen berbasis komputer tetapi lebih akan membahas mengenai aktivitas informasinya.
Dalam perjalannya Sistem Informasi Manajemen tidak serta merta langsung menjadi sebuah sistem yang seperti kita rasakan saat ini melainkan ada tahapan-tahapan perkembangan dari sistem yang terfokus untuk menghimpun, menyimpan dan memproses data saja sampai terciptanya sistem yang mengelola data tersebut menjadi sebuah informasi dan dari informasi.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana memahami evolusi activity-based information system ?
2.      Bagaimana tahapan peristiwa  activity-based information system?
3.      Bagaimana cara memutuskan software mana yang akan digunakan oleh vendor?
4.      Apa saja aturan perjanjian dalam memahami seorang vendor?
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Memahami Evolusi Activity-Based Information System
Evolusi Activity-Based Information System ini memperkenalkan para pemain activity based yang dapat memberikan bantuan dalam usaha ABC/M. Penting untuk mengetahui bagaimana peristiwa atau sistem tersebut terjadi. Bersenjatakan pengetahuan ini, para praktisi akan memiliki dasar yang efektif untuk membuat keputusan bagi sebuah penerapan yang sukses.
Rimba Di Luar Sana
Sejak tahun 1980-an, activity-based system telah menantang status quo sistem warisan manajemen biaya. Pertempuran konsep telah diperjuangkan dan dimenangkan, namun kini generasi sistem informasi yang baru menandai pemandangan. Dalam beberapa hal, generasi sistem informasi yang baru ini memperlihatkan pertumbuhannya pada sejarah.
1.      Pada Awal Mulanya Rusa- Rusa Menjelajahi Daratan
Dengan adanya tantangan baru dalam cara organisasi manufaktur  meninjau overhead, berberapa akademisi berbikir bahwa para pemimpin mengembangkan perangkat software mereka sendiri. Sistem-sistem ini didesain untuk membuktikan sebuah maksud dan bukan menjadi sistem kualitas produksi yang terintegrasi. Seperti rusa-rusa, para akademisi ini menjelajahi daratan, meloncat lebih tinggi dari orang lain dalam usaha untuk menarik para audiens, mencapai puncak pengetahuan yang baru. Tanpa para pemain ini, tidak akan ada pasar.
2.      Jerapah- Jerapah Menambah Pemandangan
Segera saja, lima perusahaan konsultan terbesar mempelajari , mengadopsi, atau membuat paket-paket untuk memenuhi permintaan para klien akan sistem penerapan.
Seperti, perusahaan-perusahaan konsultan yang besar dan kecil, dan pasar dibagi-bagi dengan sistem metodologi yang spesifik. Karenanya, perushaan-perusahaan yang tertarik untuk menerapkan ABC/M akan membeli kepemimpinan gagasan dan software dari perusahaan yang sama. Perhatkan bahwa beberapa perushaan yang kecil ini harus melakukan banyak hal berkaitan dengan pertumbuhan di pasar.
·         Para pendiri ABC/M membuktikan konsep ini dengan menerapkan sistem dan membuktikan pemikiran mereka secara kontinu.
·         Para broker pengetahuan, yaitu para konsultan, membangun dan meminjam teknologi untuk membuktikan bahwa sistem tersebut dapat diterapkan secara efektif.
3.      Kemudian Datanglah Macan – Macan Software
Karya baru para vendor software profesional terbentuk pada tahun 1980-an, para vendor yang tidak buta mengenai masalah keuangan atau pemimpin gagasan melainkan pengembangan software yang telah mengidentifikasi pasar ini sebagai kesempatan pertumbuhan. Mereka menggunakan teknologi PC, kinerja/ harga, dan strategi produksi besar- besaran untuk menarik masyarakat. Faham mereka lebih diorientasikan pada software yang mudah digunakan dan off the self.
Mereka vendor software independen lainnya meningkatkan lapisan luar (pushed and envelope), memperkenalkan seluruh fokus yang baru pada yang pasar salah satunya mengatakan bahwa yang lain dapat meraih sukses yang sama. Selama tahun- tahun pertumbuhan pasar yang tinggi, para audiens mulai mengevaluasi pembuktian konsep dan tahap percobaan. Hanya terdapat sedikit sistemproduksi yang sebenarnya.
Perusahaan- perusahaan besar mulai berpindah dari usaha menawarkan paket software mereka. Selama beberapa tahun banyak dari perusahaan- perusahaan memutuskan untuk memfokuskan praktek mereka pada konsultasi murni. Mereka mulai bekerja dengan paket apapun yang diinginkan pelanggan mereka . namun hanya sedikit yang masih mengembangkan dan menawarkan software mereka sendiri pada pasar.
4.      Benteng Yang Kuat Dan Berani Memutuskan Untuk Bergabung Dengan Kawanan
Sejak tahun 1997, perusahaan gabungan dan vendor system database yang lebih besar termasuk SAP, People soft, dan Oracle menyatakan bahwa mereka akan menawarkan solusi dalam arena ABC. Seperti banteng yang berani, merekakuat, terfokus, dan dapat dipercaya.
Kini, apa yang digunakan harus dipandang sebagai pasar terpisah dan berbeda terpusatkan:
o   Penyimpanan data
o   Analisis berdasar aktivitas
o   Aplikasi analisis seperti software budgeting, software konsolidasi
o   Sarana navigasi desktop
o   Server dana aplikasi pemrosesan analitis on line
Teknologi ini semuanya berpartisipasi dalam pengumpulan, analisis, dan penyebaran informasi. 
Bertahan Hidupnya spesies
Para pemimpin perubahan -para pendidik yang menemukan dan mendefinisikan hal ini -yang menjalankan industry sama seperti rusa yang melompat tinggi dan bergerak lebih cepat dari hewan lain. Seperti pemimpin gagasan mereka juga lebih cepat dari orang lain dalam meramalkan masa depan.
Konsultan, seperti jerapah, suka berurusan dengan hal-hal yang tinggi dalam organisasi, dan dapat melihat lebih baik dari yang lain. Mereka telah membantu ekspansi pasar dengan membawa pembuat keputusan dan mempengaruhi cara berpikir mereka. Namun demikian, mereka merupakan pengembara, yang terus-menerus mencari tantangan yang menarik. Mereka tidak boleh dianggap sebagai karyawan penuh waktu. Kenyataannya, pekerjaan mereka adalah untuk menyebabkan perubahan demi kebaikan dan untuk mengirmkan pengetahuan.
Vendor software, seperti macan, harus dikelola oleh mereka dengan pelatihan. Kucing yang gesit ini tangkas dan menghormati banteng, si penyedia ERP, yang memegang tanggung jawab dan terfokus. Mereka tampaknya kurang gesit dibanding macan, namun membawa legitimasi bagi pasar.
Analogi ini membantu dalam mengidentifikasi kepribadian pemain umum dalam indstri tersebut. Tidak ada keputusan bisnis yang dapat dibuat hanya berdasarkan deskripsi ini.
B.     Apa yang dijanjikan oleh masa depan?
Memahami masa lalu akan membantu dalam memperkirakan masa depan. Untuk mengikhtisarkan, industry tersebut lahir dalam pemikiran pemimpin gagasan.
Dari sana evolusinya adalah sebagai berikut:
o   Penemu akademis dan komunikasi informasi
o   Konsultan menggunakannya sebagai sebuah praktik
o   Konsultan dan pemimpin gagasan menciptakan software yang tepat
o   Perusahaan software independen menciptakan software off the shelf
o   Provider system yang lebihbesar memasuki pasar.
Tidak satupun dari langkah-langkah evolusi oner ini membuat yang lain menjadi tidak berlaku lagi. Mereka semua hidup dalam kebersamaan dan telah menemukan ruang dan kegunaan masing- masing. Namun demikian kombinasi yang menarik dan kerjasama terlibat di dalamnya. Aliansi yang baru diperkirakan akan menghidupkan gerakan ABC kembali. Semua anggota ekosistem ABC tampaknya ingin menumbuhkan industry dan telah menemukan bahwa tidak satupun dari mereka dapat melakukannya tanpa lainnya
C.    Memutuskan Software mana yang akan digunakan oleh vendor
Pertimbangkanlah tentang pertunjukan perdagangan. setelah para pengunjung tiba, semua produk dan semua karyawan penjualan tamPAK SAMA. semua vendor mengatakan hal yang sama. Setiap perusahaaan tampaknya menjadi “pemimpin pasa”, “dominan”,berprestasi tinggi, dan pilihan yang tidak perlu dipersoalkan lagi. Pertanyaan pokok dalam membuat keputusan pembelian adalah:
·         Bagaimana kita sunggug-sungguh yang satu dengan yang lain?
·         Bila keputusan kita berkembang, bagaimana kita membelinya sekarang ?
·         Bagaimana kita memastikan bahwa pengenalan kita dengan seorang vendor sofware akan berakhir dalam sebuah kesepakatan ?
·         Apa yang kita lakukan bila konsultan kita merekomendasikan seorang vendor yang berlawananan dengan insting kita ?
Jelaslah, tidaka ada dua vendor sofyware yang memiliki keoribadian yang sama. Mereka berbeda. Dari cara mereka membuat software hingga cara mereka memasarkannya.
D.     Aturan Perjanjian dalam memahami seorang vendor
Sepuluh aturan dapat membantu dalam membandingkan dan memahami vendor dalam lingkungan ABC/M analitis. Aturan tersebut adalah :
1)      Memahami kebutuhan peruisahaan
2)      Membuat sebuah keputusan rasionalmenggunakan sebuah proses yang dilengkapi dengan cheklist dan tinjauan
3)      Mengevaluasi lebih dari sekedar software
4)      Tidak menggunakan vendor secara ekslusif untuk mempelajari ABC
5)      mengunjung vendor dan melakukan tour
6)      tidak terbawa trend
7)      selalu berhubungan dengan pasar
8)      ingan kesepuluh pertanyaan. Pertimbangkanlah 10 pertanyaan cepat untuk memprofilkan seorang vendor
9)      sifat tarian adalah sifat hubungan
10)  mengendalikan demonstrasi
1.      Memahami Kebutuhan Perusahaan
Memahami apa yng dibutuhkan perusahaan dan kemampuannya untuk menyerap kebutuhan organisasi yang bertumbuh merupakan kunci setiap proses evaluasi dan bekerja dengan orang lain. Banyak proyek ABC/M sungguh-sungguh dengan langkah yang salah, mereka tidak pernah mengetahui apa yang sungguh-sungguh mereka inginkan dan karenanya tidak pernah mendapatkannya.
2.      Membuat Keputusan yang Rasional dengan Menggunakan Sebuah Proses yang dilengakapi dengan Cheklist/tinjauan
Tim yang mengevaluasi vendor harus memahami prioritas kebutuhakebutuhan ini dan ketepatan trade-off tim manajemen bersedia untuk  berdiskusi. Kompromi merupakan esemsi dari proses evaluasi. Proses tidak digunakan dalam pembahasan ini. Sebuah pendekatan gut-feel  tidak sembrono akan hilangb karena kesalahan penilaian. Tanpa proses praktis untuk membimbing evaluasi, maka emosi, birokrasi, polotik, dan perkiraan irasional akan membanjiri sistem pembuatan keputusan.
3.      Mengevaluasi lebih dari Software
Ada beberapa penghalang untuk masuk dalam sebuah sofwaqqre. Yang diperlukan hanyalah sebuah kantor, teknisi sofware, dan sebuah telepon untuk menghidupkan perusahaan software. Perusahaan sofware yanga besar lebih dari ini . mereka merupakan sisten yang dibangun untuk membawa para  pengguna sofware  melalui waktu-waktu sulit dan mendukung merekamelalui kebutuhan akan hasil yanag bertumbuh. Dalam evaluasi ini, pertimbangkan bahwa apa yang dievaluasi tidak hanya sebuah produkn yaitu, komponen jasa, infrastruktur pendukung, perusahaan itu sendiri, hubunga yang dibangun oleh perusahaan anda, Infrastruktur finansial yang mendukung perusahaan, dan lain-lain
Cheklist dilampiran A (tabel utama) menyediakan beberapa dasar denga n hubungannya dengan activity-based software information system.
4.      Jangan menggunakan vendor secara ekslusif untuk mempelajari ABC
Dalam banyak situasi demo, klien mengajukan pertanyaan –pertanyaan dasar mengenai ABC dan bagaimana di terapkannya. Para  vendor software akan selalu mendidik klien potensial mengenai industry dan pasar tersebut untuk satu alasan sehingga orang akan membeli solusi mereka.
Dalam proses pendidikan mereka, vendor software bermaksud menunjukkan produk mereka dalam peraga yang terbaik dan menjatuhkan pesaing.
Tim yang bertemu dengan vendor software harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh perusahaannya dan apa yang mereka harapkan dari pertemuan tersebut. Vendor software merupakan sumber pembelajaran yang berguna namun jangan menjadi sumber pendidikan satu-satunya. Dengan mengetahui hal ini, vendor software yang dapat mendidik dan menjadi sumber pengetahuan yang tidak biasa harus dihargai.

5.      Mengunjungi vendor dan melakukan tour
Vendor software dan system yang merasa bangga dengan pertunbuhan mereka dan ingin mengambil keuntungan dari  reputasi, kemudian akan  membagi apa saja tentang diri mereka. Mereka cenderung mengundang klien untuk mengunjungi kantor dan fasilitas mereka. Hal yang paling penting adalah bertemu dengan para professional pendukung pelanggan yang akan memberikan bantuan saat terjadi kesulitan. Lebih lanjut, pentingnya untuk memahami prosedur jaminan kualitas mereka, hal ini dapat menyelamatkan perusahaan dari sebuah bahaya.
Selama tour amatilah segala sesuatu dengan seksama: apakah organisasi penjualan sibuk? Berapa banyak yang bekerja pada produk yang dibeli oleh perusahaan? Dan lain sebagainya. Setelah segala sesuatunya dipertimbangkan, cara terbaik untuk memilih seorang vendor adalah dengan mengunjunginya dan mengamati hubungan vendor dengan klien.
6.      Jangan terbawa trend
Pada tahap awal dari sebuah proyek, organisasi antusias dan yakin bahwa mereka memiliki kapasitas tidak terbatas untuk adopsi teknologi. Trend dalam kemajuan yang baru hanya dapat menonjolkan ketergantungan pada teknologi. Teknologi berbasis web dan artificial intelligence system untuk budgeting kini merupakan trend baru yang patut diperhatikan. Mereka merupakan teknologi masa depan yang berharg, namun sebuah perusahaan tidak dapat membangun masa depan dengan teknologi masa depan. Hanya teknologi masa kini yang dapat digunakan untuk membangun masa depan.
7.      Selalu berhubungan dengan pasar
Kesetiaan merupakan sesuatu yang baik. Dalam proyek ABC/M, resiko bawaannya tinggi dan kadang-kadang kesetiaan terhadap seorang vendor dapat menjadi kesalahan bila tim proyek tidak terus berhubungan dengan apa yang ditwarkan di pasar. Sekitar 50% implementasi gagal memenuhi harapan. Salah satu cara untuk mencegah segala kemungkinan dalam elemen teknologi proyek adalah dengan membatasi keyakinan seseorang dengan  menciptakan alternative bagi implementasi teknis


8.      Ingatlah sepuluh pertanyaan
Sepuluh pertanyaan berikut akan membantu memprofilkan seorang vendor ABC/M. Pertimbangan apakah vendor tersebut besar dengan banyak sarana yang ditawarkan, atau lebih kecil, terfokus, dan mendalami ABC merupakan hal yang penting. Kadang- kandang menguji vendor yang sangat besar dengan beragam sarana secara terfokus berguna sementara menguji vendor yang lebih besar dengan beragam sarana terfokus berguna sementara menguji vendor yang lebih kecildengan kemampuan untuk menaikkan skala juga sama pentingnya.
1)      Apakah vendor ABC apa lebih dari sekedar sebuah perusahaan satu produk atau sebuah kelompok satu produk tanpa perbedaan dalam penawaran ABC mereka ?
2)      Apakah vendor ABC merupakan perusahaan software atau sebuah perusahaan konsultan yang tersembunyi?
3)      Seberapa besar basis vendor yang terinstalldalam ABC/M?
4)      Apakah vendor mendukung produk ABC dengan pelantihan dan jasa teknis?
5)      Apakah vendor mendukung sebuah kelompok pengguna yang aktif, internasional?
6)      Apakah poduk ABC ditambahkan pada standar industri?
7)      Apakah produk ABC mendukung sebuah interface terbuka?
8)      Apakah produk tersebut memiliki jalur migrasi menuju sistem kinerja yang lebih tinggi?
9)      Apakah produk tersebut mencakup atau yang meng- interface sarana produktifitas lain seperti pembuatan model proses, atau scorecards kinerja?
10)  Apakah sebuah vendor tersebut mendukung sebuah lingkungan ABC yang terintegrasi?
9.      Sifat tariannya adalah sifat hubungannnya
Masa pengenalan pelanggan-vendor serupa dengan masa perkenalan pernikahan. Hari pertama merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi kebanyakan orang, namun dapatkah ia berlangsung demikian? Melalui masa perkenalan ini perusahaan akan memahami gaya partner prospektif dan bagaimana ia memandang sebuah hubungan kerja sama.
Beberapa vendor suka menjual masa depan sementara yang lain hanya menjual masa kini dan tidak pernah membicarakan mengenai masa depan. Yang lainnya cukup lapar untuk bekerja dengan perusahaan secara reguler sementara lainnya akan menghilang saat order pembelian akan dihentikan. Beberapa menjaga komitmennyasementara yang lain memberikan janji namun terlambat mengirimkannya. Apakah perusahaan menginginkan vendor yang menantang mereka?
Melalui proses pertemuan, pemahaman, dan pembelian software ABC, sebuah organisasi harus memperoleh nilai dan masa depan kerja sama. Seperti yang kita ketahui, kerja sama selalu dianggap strategis bahkan bila mereka hanya bersifat taktis dan berlangsung dalam jangka pendek. Pemilihan seorang vendor software harus digolongkan kedalam satu atau yang lainnya dan diperlakukan seperti itu.
10.  Mengendalikan demonstrasi
Banyak demo yang dipandang sebagai titik keputusan akhir. Secara realistis, mereka bagaikan kontes kecantikan saat mereka seharusnya menjadi seperti uji kebugaran. Mereka merupakan kejadian bertahap yang menghasilkan atau menghancurkan kesempatan penjualan. Penekanan ini mungkin saja dikarenakan mentalitas ‘seeing is believing’ dalam proses pembelian. Tetapi apa saja yang dilihat oleh orang- orang mungkin bukan apa yang mereka dapatkan. Sering kali demo dikendalikan oleh software provider. Mereka mengikuti demo yang tertulis secara fail-safe dan ketat, yang menyoroti kekuatan solusi mereka dan kehilangan pegangan mental perusahaan terhadap pesaing mereka.
Pelajaran akhir adalah untuk mengendalikan sumber daya informasi yang digunakan dalam sebuah demo, mengendalikan permasalahan yang dibahas, mengendalikan keputusan yang dibuat, dan mengendalikan pengharapan yang hadir.
Cecklist berikut mengindikasikan bagaimana mengorganisir pertemuan berdasar tuntutan dan harapan.
·         Jumlah demo dan vendor yang ditinjau.
·         Memahami kekuatan dan kelemahan mereka melampaui waktu dan komunikasi.
·         Area yang disoroti –  “the show me’s”.
·         Siapa yang harus hadir dan bidang apa yang diamati?
·         Seberapa fleksibelkah pemberi demo akan merubah permasalahan yang mereka tetapkan?
·         Ukurlah konsistensi mereka dengan literatur dan informasi web-page.
·         Pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan terpenting untuk diajukan adalah tentang pemberi demo- tanyakan berapa lama ia akan bekerja di perusahaan.
·         Menyediakan sebuah model dasar untuk si pemberi demo untuk membangun dan mengemukakan sebuah kesalahan untuk mengamati respons mereka.
·         Memberikan nilai bagi setiap pemberi demo. Klien yang berani dapat membaginya dengan si pemberi demo.
·         Jangan bereaksi : antisipasilah tindakan mereka dan taruh mereka dalam agenda untuk pengujian.
·         Hargai vendor tersebut. Di atas semua itu, jangan membuat demo sebagai ajang penjualan. Jadikan ia sebagai sebuah dialog untuk memahami apakah dua pihak yang dewasa dapat melihat masa depan secara bersama- sama.






BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
·         Evolusi Activity-Based Information System ini memperkenalkan para pemain activity based yang dapat memberikan bantuan dalam usaha ABC/M.
·         Tahapan peristiwa  activity-based information system:
1.      Pada Awal Mulanya Rusa- Rusa Menjelajahi Daratan maksudnya Sistem-sistem ini didesain untuk membuktikan sebuah maksud dan bukan menjadi sistem kualitas produksi yang terintegrasi. Seperti rusa-rusa, para akademisi ini menjelajahi daratan, meloncat lebih tinggi dari orang lain dalam usaha untuk menarik para audiens, mencapai puncak pengetahuan yang baru.
2.      Jerapah- Jerapah Menambah Pemandangan maksudnya Konsultan, seperti jerapah, suka berurusan dengan hal-hal yang tinggi dalam organisasi, dan dapat melihat lebih baik dari yang lain. Mereka telah membantu ekspansi pasar dengan membawa pembuat keputusan dan mempengaruhi cara berpikir mereka.
3.      Kemudian Datanglah Macan – Macan Software maksudnya Vendor software, seperti macan, harus dikelola oleh mereka dengan pelatihan..
4.      Benteng yang kuat dan berani memutuskan untuk bergabung dengan kawanan maksudnya benteng disini adalah mereka penyedia ERP dan dimana teknologi ini semuanya berpartisipasi dalam pengumpulan, analisis, dan penyebaran informasi. 
5.      Aturan sesorang perjanjian dalam memahami seorang vendor, aturan tersebut adalah: memahami kebutuhan perusahaan, menggunakan keputusan rasional menggunakan sebuah proses yang dilengkapi dengan cecklist dan tinjauan, mengevaluasi lebih dari sekedar software, jangan menggunakan vendor secara ekslusif untuk mempelajari ABC, mengunjungi vendor dan melakukan tour, jangan terbawa trend, selalu berhubungan dengan pasar, ingatlah sepuluh pertanyaan, sifat tariannya adalah sifat hubungannnya, mengendalikan demonstrasi
Daftar Pustaka

Mohan Nair, Sisitem Informasi Berbasis Aktivitas, Jakarta: Salemba Empat, 2002. 


EmoticonEmoticon